FILING
PENGERTIAN FILING
Filing adalah segala tindakan atau
perbuatan atau kegiatan yang berhubungan dengan masalah pengumpulan,
klasifikasi, penyimpanan, penempatan, pemeliharaan dan distribusi atas surat –
surat, catatan – catatan, perhitungan – perhitungan, grafik – grafik, data
ataupun informasi yang lain dan tindakan tersebut dilakukan dengan setepat –
tepatnya dalam rangka melakakukan suatu proses manajemen serta catatan maupun
surat tersebut dapat ditemukan kembali dengan mudah.
Mengapa suatu Filing diperlukan
dalam suatu perusahaan ?
dihubungkan dengan bisa tidaknya
surat yang disimpan tersebut dipakai dengan mengikuti perubahan di waktu yang
akan dating baik menyangkut masalah yang berhubungan dengan
perencanaan,pengembangan perusahaan, maupun kemajuan dan perubahan organisasi.
Masalah keamanan penempatan FILING
yang sebaiknya sewaktu – waktu jika diperlukan dapat dengan mudah ditemukan,
hal ini sangat penting karena menyankut dengan proses pengambilan keputusan
yang akan dilakukan perusahaan. Sehingga kecepatan waktu dalam penemuan surat
yang dibutuhkan seorang manager sangat perlu diperhatikan.
FILING merupakan suatu tempat
penampungan daya ingatan seorang manajer yang sewaktu – waktu jika diperlukan
harus dengan cepat ditemukan.
FILING yang dibuat setepat –
tepatnya baik pada saat penyimpanan disebut sebagai warkat atau PAPERS
Papers tersebut antara lain :
- Surat pembayaran barang
- Surat penerimaan barang
- Surat hutang
- Surat asuransi
- Surat penjualan barang
- Surat pengiriman barang dll
PENYUSUNAN PAPERS KE DALAM FILE
Untuk menunjang keamanan penyimpanan
papaers bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya :
1. system penyusunan papers menurut
abjad
Penyusunan papers berdasarkan abjad
ini masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian misalnya berdasarkan :
a. Nama orang, nama pendaftar, nama
mahasiswa dan sebagainya
b. Masalah yang akan dibahas, topic
yang dibicarakan
Untuk mempermudah penempatan dan
penemuan kembali papers – papers yang bersangkutan maka sebaiknya dalam tempat
penyimpanan papers pada awal nama diselipkan huruf abjad yang sesuai dengan
nama depan atau huruf depannya misalnya untu setiap pengatian nama atau topic
ditulis kedalam lembaran yang menonjol sehingga mudah dlama mencari topic atau
nama yang lainya.
2. system penyusunan papers menurut
subyek
Penyusunan papers menurut subyek ini
merupakan modifikasi dari penyusunan papers menurut abjad. Modifikasi tersebut
dalam hal ini surta atau subyek pokoknya jadi tidak semata –mata abjadnya saja.
3. system penyusunan papers menurut
nomor
Penyusunan papers ini dengan jalan
menempatkan file – file kedalam tempat yang sesuai untuk kemudian setiap tabs
(adalah lembaran menonjol sehingga jelas menjadi pembatas antara bagian –
bagian yang berbeda) dari masing – masing file yang dibubuhi nomor dan menempatkannya
sesuai dengan nomor surat. Penyusunan ini biasa digunakan untuk paper-papers
seperti cek, wesel atau surat – surat berharga lainnya.
4. system penyusunan papers menurut
daerah
File ini digunakan pada instansi
atau perusahaan yang mempunyai kantor cabang.
Manfaat penggunaan system file ini
yaitu dapat dengan mudah mengetahui luasnya wilayah penjualan atau tanggung
jawab masing-masing cabang sehingga dapat membuat atau memperkirakan anggaran
belanja, oengahasilan , biaya perseorangan yang dibutuhkan untuk memperlancar
operasi perusahaan.
5. system penyusunan papers menurut
waktu
Penyusunan file dilakukan dengan
memperhatikan urutan waktu penerimaan papers dan jangan lupa system ini sangat
ditunjang keberhasilannya dengan memakai system tabs.
Cara ini biasanya dipakai untuk
mencatat semua tagiahan menurut urutan jatuh tempo atau pemberian kredit usaha
ataupun korespondensi dan sebagainya.
Manfaat system ini bisa diketahui
kapan suatu piutang sudah saatnya ditagih, beberapa jumlahnya dan berapa denda
atau biaya ditanggung dalam jangka waktu pendek, kapan saat mendesaknya dan
sebagainya.
PERKEMBANGAN PENYIMPANAN DATA
Perkembangan penyimpanan data yang
diperlukan suatu perusahaan yang sewaktu – waktu dapat diambil dengan mudah
cepat berkembang seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi.
Perkembangan teknologi yang sangat
membantu meringankan beban petugas penyimpanan data adalah perkembangan
teknologi di bidang teknik computer dimana dengan perkembangan teknologi
computer maka sekarang dapat digunakannya mesin – mesin electronic data
processing, pita suara, laser disc, compact disc dsb.
Ada batas – batas waktu tertentu
suatu papers sudah tidak dibutuhkan lagi atau diperlukan surat – surat tertentu
kita masukkan kedalam suatu file.
Kebijaksanaan tersebut yaitu maslah
bagaimana penerapan suatu system filing benar – benar tepat dilakukan,
bagaimana kegunaan penyimpanan suatu papers atau apa yang akan diperoleh dengan
penyimpanan suatu papaers dapat kita pelajari dalam kebijaksanaan di bidang
Records Retention Schedule.
SUMBER :
http://argienanlenka.blogdetik.com/2010/07/17/pengertian-filing/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar