Pengertian Grafika Komputer
Grafika komputer (Inggris: Computer graphics) adalah
bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar
(visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika
komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan
citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika
komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Hasil dari rendering
Bagian dari grafika komputer meliputi:
- Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Grafika Komputer
- Adalah proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut.
- Merupakan teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realism).
- Bertujuan menghasilkan gambar/citra (lebih tepat disebut grafik/picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dsb.
- Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen gambar. Data deskriptif : koordinat titik, panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dsb.
- Grafika komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality.
PENGERTIAN
ALAT PERAGA
Alat peraga adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan
telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih
efektif dan efisien (Sudjana, 2002 :59 ). Alat peraga merupakan salah satu
komponen penentu efektivitas belajar.Alat peraga mengubah materi ajar yang
abstrak menjadi kongkrit dan realistik. Penyediaan perangkat alat peraga
merupakan bagian dari pemenuhan kebutuhan siswa belajar, sesuai dengan
tipe siswa belajar.
Pembelajaran menggunakan alat peraga berarti
mengoptimalkan fungsi seluruh panca indra siswa untuk meningkatkan
efektivitas siswa belajar dengan cara mendengar, melihat, meraba, dan
menggunakan pikirannya secara logis dan realistis. Pelajaran tidak sekedar
menerawang pada wilayah abstrak, melainkan sebagai proses empirik yang konkrit
yang realistik serta menjadi bagian dari hidup yang tidak mudah dilupakan.
Alat peraga dalam mengajar memegang peranan penting sebagai alat Bantu untuk
menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Proses belajar mengajar
ditandai dengan adanya beberapa JEunsur antara lain tujuan, bahan, metode dan
alat, serta evaluasi. Unsur metode dan alat merupakan unsur yang tidak bisa
dilepaskan dari unsur lainnya yang berfungsi sebagai cara atau tehnik untuk
mengantarkan sebagai bahan pelajaran agar sampai tujuan. Dalam pencapain
tersebut, peranan alat Bantu atau alat peraga memegang
peranan yang penting sebab dengan adanya alat peraga ini bahan dengan mudah
dapat dipahami oleh siswa.Alat peraga sering disebut audio visual, dari
pengertian alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga.Alat tersebut berguna
agar pelajaran yang disampaikan guru lebih mudah dipahami oleh siswa. Dalam
proses belajar mengajar alat peraga dipergunakan dengan tujuan membantu
guru agar proses belajar siswa lebih efektif dan efisien.
Perangkat Input dan Output Komputer
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan
dengan matematika.
Komputer
menurut Robert H. Blissmer :
n Menerima input
n Memproses input
n Menyimpan perintah perintah dan hasil
dari pengolahan
n Menyediakan output dalam bentuk informasi
I/O
membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil
kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive,
ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan
sebagainya.
Perangkat
input berfungsi sebagai media yang menjadi antarmuka antara sistem komputer dan
lingkungan luar sehingga sistem komputer dapat mengerti instruksi dari manusia.
Saat ini sudah sangat beragam bentuk dan jenis dari perangkat input/output
terutama dengan perkembangan sistem artificial intelligence dimana komputer dan
manusia dapat berkomunikasi secara lebih interaktif
Macam macam
perangkat input
1.
Keyboard
Keyboard
merupakan papan kunci yang terdiri tombol dari huruf dari A-Z, angkat dari 0-9,
karakter khusus seperti @, %, *, !, ?, dan beberapa tombol fungsi antara lain
F1-F12, tombol windows, dll. Tombol-tombol ini digunakan untuk memasukkan
perintah ke sistem komputer. Bentuk keyboard pada awalnya meniru dari bentuk
tombol mesin ketik, sehingga sususan huruf dari keyboard saat ini sama persis
dengan mesin ketik.
Cara kerja
dari sebuah keyboard saat ini adalah jika ditekan sebuah tombol, maka suatu
interrupt dari mesin aka timbul dan keyboard interrupt handler (sebagian kecil
perangkat lunak yang merupakan bagian dari sistem pengoperasian) akan dimulai.
Interrupt handler akan membaca register perangkat keras di dalam pengontrol
keyboard untuk mendapatkan karakter yang baru saja ditekan. Ketika tombol
dilepaskan, interrupt kedua akan ditimbulkan
2. Mouse
Mouse
merupakan peralatan input yang berfungsi untuk menentukan posisi pointer pada
layar komputer. Pada awalnya, mouse menggunakan sebuah bola kecil yang dapat
digerakkan dengan bebas. Pergerakan dari monitor di layar tergantung dari
pergerakan bola tersebut. Namun saat ini sudah banyak beredar mouse yang
menggunakan sistem optik sebagai acuan gerakannya.
3. Pen Input
3. Pen Input
Pen input
merupakan jenis perangkat input yang berfungsi sebagai pengganti pena untuk
menulis maupun menggambar. Hal ini untuk memudahkan pekerjaan para desainer
grafik agar lebih mudah untuk menggambar di komputer daripada menggunakan
mouse. Biasanya terdapat alas sebagai media untuk menulis atau menggambar.
4.Scanner
Digunakan untuk mengambil citra cetakan(gambar,foto,tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, Handy Scanner(dipegang dan digerakan dengan tangan), dan Flatbed Scanner(serupa mesin fotokopi).
Digunakan untuk mengambil citra cetakan(gambar,foto,tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, Handy Scanner(dipegang dan digerakan dengan tangan), dan Flatbed Scanner(serupa mesin fotokopi).
5. Barcode
Reader
Biasa
digunakan di supermarket untuk membaca label barang Yang dimiliki oleh semua
alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari
suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer
digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti
oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah
contoh sistem pengolah data
Perangkat
output:
Output
yang dihasilkan dari pengolahan pada komputer dapat digolongkan ke dalam 4
macam bentuk. Tulisan (huruf, kata, angka, karakter khusus dan simbol2). Image
(grafik atau Gambar). Suara dalam bentuk musik atau suara lainnya. Bentuk yang
dapat dibaca oleh mesin, dalam bentuk simbol yang hanya dapat dibaca dan
dimengerti oleh komputer.
Macam
macam perangkat output:
1. Monitor
Bentuknya
mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer.
Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan
tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor hampir
semuanya berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang
dihasilkan juga lebih bagus.
2. Printer
Digunakan
untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dilihat dan
dibaca. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas, yaitu Dot-Matrix Printer, Inkjet
Ptinter, dan Laser Printer
3. Speaker
Untuk
mendengarkan hasil rekaman yang sudah ada atau disimpan didalam komputer, atau
mendengarkan musik dari CD, MP3 atau game
Memori
Memori
berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang
tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
• Tercepat:
Chace Memory dan Main Memory
•
Terlambat: Sekunder Memory
Selain
menyatakan hubungan kecepatan, hirarki tersebut juga menyatakan hubungan –
hubungan lain, yaitu :
• Hubungan
Harga : Semakin kebawah adalah harganya semakin murah. (Harga dihitung
berdasarkan rupiah per bit data disimpan).
• Hubungan
Kapasitas : Semakin keatas umumnya kapasitasnya semakin terbatas.
• Hubungan
frekuensi pengaksesan : Semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan.
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agar intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agar intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Memori_komputer
http://id.wikipedia.org/wiki/CPU
http://id.wikipedia.org/wiki/komputer
http://id.wikipedia.org/wiki/Memori_komputer
http://id.wikipedia.org/wiki/CPU
http://id.wikipedia.org/wiki/komputer
http://unyilunyil12.blogspot.com/2010/05/perangkat-input-dan-output-komputer.html
Alat Keluaran
(Output Device)
Alat Keluaran (Output
Device) adalah output yang dihasilkan dari pengolahan data digolongkan ke dalam
3 bentuk tulisan (huruf, kata, angka, karakter, dan simbol-simbol khusus),
image (grafik atau gambar) maupun suara (musik atau omongan).
Alat keluaran juga
dapat berbentuk :
1. Hard copy device
2. Soft copy device
I.
Hard Copy Device
Merupakan alat keluaran yang digunakan untuk mencetak tulisan, grafik, atau
gambar pada media pencetak. Alat hard copy device yang umum diperguanakan
adalah printer. Selain itu juga dikenal plotter, yaitu alat cetak yang
mempunyai kemampuan mencetak grafik atau gambar dengan baik, biasanya
menggunakan pen plotter.
a. Printer
Sejarah Printer Komputer
Teknik cetak
mencetak sudah dilaksanakan secara sederhana di Cina pada abad ke-14. Inovasi
orang-orang Cina telah berhasil menciptakan tinta dan block printing yang
berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tetapi perkembangan teknik cetak di
Cina tidak sehebat dengan perkembangan yang terjadi di Eropa. Hal ini terjadi
disebabkan alfabet Cina memiliki ribuan ideogram spesifik, yang sangat sukar jika
diterapkan di mesin tik. Akibatnya, hampir tidak ada perubahan yang berarti
dalam hal efisiensi produksi di Cina sebagaimana yang terjadi di Eropa.
Di awal tahun
1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa yang
menimbulkan kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan
murah. Adalah Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan asal
Jerman, yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang telah mengubah
tehnik mencetak secara revolusioner. Percetakan sendiri mungkin merupakan
penemuan yang paling penting pada millennium lalu, walaupun dampak yang
ditimbulkannya pada perekonomian global tidak terlalu besar. Penemuan mesin
cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yang diproduksi secara massal.
Pengertian Printer
Printer atau
pencetak adalah salah satu perangkat yang dikoneksikan ke komputer
berfungsi untuk menghasilan cetakan baik tulisan maupun gambar dari komputer
pada media kertas atau yang sejenisnya.
Printer
biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil
kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah
alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner
yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta
ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau
inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head
printer tersebut.
Fungsi Printer Komputer
Printer adalah
salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai
fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke
media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut
dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1
inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang
dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk /
tidak bagus.
Jenis-Jenis Printer
- Printer Dot Matrix
Jenis printer dot matrix merupakan printer yang metode pencetakannya
menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang
saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang
halus dan juga kurang bagus.
Menurut
sejarahnya Jenis printer dot matrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin
yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik,
kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil
cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal
adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.
- Printer Ink Jet
Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta
cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan
halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot matrix, jenis printer ink jet
ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.
Pada printer
jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan
titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat
kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon
dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat
gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan
tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas, karena menggunakan
tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis
printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan
teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar
printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian
pencetak di mesin printer.
- Printer Laser Jet
Laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk
atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain
hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix
maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang
tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta
pada mesin photo copy.
b. Plotter
Plotter adalah
printer yang mampu melakukan cetak dengan ukuran yang besar, biasanya bias
mencetak sampai ukuran lebar A0 dengan panjang yang jauh lebih besar lagi.
Plotter ini sering digunakan untuk pembuatan spanduk dan media ruang luar
(reklame).
Plotter
menurut devinisi kamus TI (Ilmukomputer.com, Kamus TI, Abu Sahl) adalah:
Printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga
merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar
sebesar gambar arsitektur dan engineering.
Plotter
biasanya juga bergabung fungsinya sebagai cutting, yaitu memotong kertas,
terutama untuk pemotongan stiker, dll.
II.
Soft Copy Device
Merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image, dan suara
pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik. Contoh soft copy device
adalah video display (monitor), flat panel display (Liquid Crystal Display),
dan speaker.
a. Monitor
Sejarah Monitor
Monitor khusus
untuk komputer dikeluarkan oleh IBM PC dengan resolusi 80 X 25, pada generasi
berikutnya muncul mono graphics (MGA/MDA) yang memiliki resolusi
720x350, sampai munculnya monitor EGA dengan resolusi yang lebih bagus yaitu
640x350, sampai sekarang ini keluar dengan generasi monitor terbaru yaitu LCD
yang tidak lagi menggunakan tabung elektron CRT tetapi menggunakan sejenis
kristal liquid yang dapat menampilkan gambar yang lebih baik pada monitir Anda.
Pengertian Monitor
Monitor
disebut juga layar penampil yaitu salah satu perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk menampilkan segala jenis kegiatan baik data maupun informasi
yang diproses oleh komputer baik itu data yang masuk maupun keluar dari
komputer. Yang dihubungkan dengan Video Graphic Adapter card (VGA card)
dengan tujuan agar monitor dapat menampilkan teks dan grafik. Pada saat yang
bersamaan saat kita sedang menggunakan komputer untuk suatu keperluan sehari-hari.
Cara Kerja Monitor Komputer
Cara kerja
monitor sama saja dengan televisi yang berbasis CRT (Cathode Ray Tube),
yang ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang
dilapisi elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk
memancarkan cahaya yang disebut sinar elektron. Monitor akan menampilkan apa
yang sedang dilakukan atau dikerjakan oleh komputer, sehingga memudahkan kita
dalam menemukan apa yang ingin kita cari dan ingin kita gunakan.
Fungsi Monitor
Fungsi monitor
adalah untuk menampilkan seluruh kejadian pada komputer Anda, sebagai contoh
jika kita menggerakan mouse, tidak mungkinkan kita melihat mousenya, pasti yang
kita lihat adalah cursornya, nah cursor tersebut dapat terlihat hanya pada
layar monitor tersebut, arah dan tujuan cursor tersebut tergantung kepada kita
yang mengendalikan komputer. Dan pada saat kita membuka sesuatu yang ada pada
monitor tersebut pada saat itu pula monitor menampilkannya.
Jenis-jenis Monitor
Berdasarkan
teknologi pembuatannya, monitor terbagi menjadi: CRT (Cathode Ray Tube) dan
layar datar (flat panel display). Layar datar sendiri dibedakan menjadi tiga,
yaitu LCD, EL, dan plasma. Jenis Monitor CRT (Cathode Ray Tube) adalah
monitor komputer yang paling umum kita jumpai, monitor jenis CRT biasanya
memiliki rasio kontras yang lebih. Jenis Monitor LCD (liquid crystal display)
adalah monitor tipis dengan layar datar yang menggunakan cahaya kristal cair
monitor jenis ini tentu lebih hemat energi daripada CRT. Jenis Monitor plasma
merupakan inovasi baru dari teknologi yang dapat menghasilkan teknologi yang
membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD.
a. Cathode Ray Tube
Teknologi
Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897, akan tetapi teknologi ini
baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi pada tahun 1926. Sejarah
penemuan teknologi CRT sudah lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas gambar
yang sangat bagus. Akan tetapi teknologi ini mempunyai satu kelemahan yaitu
semakin besar display yang akan dibuat maka semakin besar pula tabung yang
digunakan.
Pada monitor CRT, layar penampil yang digunakan berupa tabung sinar katoda.
Teknologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara memancarkan sinar
elektron ke suatu titik di layar. Sinar tersebut akan diperkuat untuk
menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap.
Teknologi CRT merupakan teknologi termurah dibanding dengan kedua teknologi
yang lain. Meski demikian resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk
berbagai keperluan. Hanya saja energi listrik yang dibutuhkan cukup besar dan
memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat.
b. Liquid Crystal Display (LCD) atau Flat
Display Panel (FDP)
Monitor LCD
tidak lagi menggunakan tabung elektron tetapi menggunakan sejenis kristal
liquid yang dapat berpendar. Teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal
dengan nama Flat Panel Display dengan layar berbentuk pipih, dan kemampuan
resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT. Karena bentuknya yang
pipih, maka monitor jenis flat tersebut menggunakan energi yang kecil dan
banyak digunakan pada komputer-komputer portabel.
Kelebihan yang lain
dari monitor LCD adalah adanya brightness ratio yang telah menyentuh angka 350
: 1. Brigtness ratio merupakan perbandingan antara tampilan yang paling gelap
dengan tampilan yang paling terang.
Liquid Crystal Display
menggunakan kristal liquid yang dapat berpendar. Kristal cair merupakan molekul
organik kental yang mengalir seperti cairan, tetapi memiliki struktur spasial
seperti kristal. (ditemukan pakar Botani Austria – Rjeinitzer) tahun 1888.
Dengan menyorotkan sinar melalui kristal cair, intensitas sinar yang keluar
dapat dikendalikan secara elektrik sehingga dapat membentuk panel-panel datar.
Lapisan-lapisan dalam
sebuah LCD:
- Polaroid belakang
- Elektroda belakang
- Plat kaca belakang
- Kristal Cair
- Plat kaca depan
- Elektroda depan
- Polaroid depan
Elektroda dalam
lapisan tersebut berfungsi untuk menciptakan medan listrik pada kristal cair,
sedangkan polaroid digunakan untuk menciptakan suatu polarisasi.
Dari sisi harga,
monitor LCD memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan monitor CRT. Dan
beberapa kelemahan yang masih dimilikinya seperti kurang mampu digunakan untuk
bekerja dalam berbagai resolusi, seperti misalnya monitor dengan resolusi 1024
X 768 akan terkesan agak buram jika dipekerjakan pada resolusi 640 X 420.
Tatapi akhir-akhir ini kelemahan tersbut sudah mulai di atasi dengan teknik
anti aliasing.
c. Plasma Gas atau Organic Light
Emitting Diode (OLED)
Monitor jenis
ini menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan,
mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang
dapat selebar CRT.
Plasma gas
juga menggunakan fosfor seperti halnya pada teknologi CRT, tetapi layar pada
plasma gas dapat perpendar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar. Hal
itu akan membuat energi yang diserap tidak sebesar monitor CRT. Kontras warna
yang dihasilkan pun lebih baik dari LCD. Teknologi plasma gas ini sering bisa
kita jumpai pada saat pertunjukan-pertunjukan musik atau
pertandingan-pertandingan olahraga yang spektakuler. Di sana terdapat layar
monitor raksasa yang dipasang pada sudut-sudut arena tertentu. Itulah monitor
yang menggunakan teknologi plasma gas.
Setelah kita
melihat begitu pesatnya perkembangan LCD, sekarang kita dapat saksikan
perkembangan FDP terbaru yang boleh kita katakan sebagai Flat Panel Display
Masa Depan. Kenapa FDP terbaru ini kita namakan FDP Masa Depan ? Karena 5-10
tahun yang akan datang mungkin Teknologi LCD akan digantikan posisinya oleh FDP
Masa Depan ini. FDP Masa Depan ini berbasis active matrix berteknologi Organic
Light Emitting Diode (OLED).
Bahaya Radiasi Monitor
Penggunaan
komputer selama 12 jam perhari dengan monitor yang tidak dilapisi oleh filter
anti radiasi akan mengakibatkan mata merah. Bahaya radiasi monitor bagi mata
dapat mengakibatkan gangguan sampai pada kerusakan pada mata. Berikut behaya
yang dapat diakibatkan oleh radiasi monitor pada mata. Monitor sendiri
menghasilkan radiasi sinar x, ultraviolet, gelombang mikro dan radiasi
eletromagnetik berfrekuensi rendah. Semakin terang monitor anda, maka semakin
banyak radiasi yang ditimbulkannya.
b. Speaker
Sumber :
-http://anjarsaiangst.blogspot.com/2011/10/hard-dan-soft-copy-device.html

Tidak ada komentar:
Posting Komentar